Monday, August 14, 2017

Menjaga Asam Lambung Dengan Memperhatikan Pola Makan Kamu


Selama ini orang berpikir jika asam lambung hanya memberi dampak negative pada tubuh, karena membuat kita terjangit penyakit maag atau peradangan pada lambung.

Pernyataan di atas tidak sepernuhnya salah, selain itu kamu ahrus mengetahui  selain hal negative ternyata asam lambung juga mempunyai dampak positive untuk tubuh, yaitumemilki manfaat untuk sistem pencernaan kamu.

Asam lambung akan kambuhjika kamu tidak menjaga keseimbangan kadar asam lambung dengan baik, jika asam lambung naik tubuh akan mersakan hal seperti perut mulas, dan kerongkongan yang terasa panas gejala tersebut dinamakan dengan refluks asam lambung, sedangkan jika asam lambung kamu naik terlalu tinggi bisa menyebabkan maag dan gangguan pencernaan lainnya. Selain asam lambung tinggi asam lambung rendah juga patut kamu waspadai karena mempunyai dampak buruk yang sama untuk kesehatan.

Lalu manfaat asam lambung untuk kesehatan adalah asam lambung bekerja untuk mencerna dan mengolah makanan menjadi molekul-molekul, yang akan berguna untuk membuat sel-sel baru dan mencipatakan energi yang baru untuk tubuh.

Sealain itu asam alambung meilki fungsi utama untuk tubuh yaitu :

  • Proteolisis, proses pemecahan protein agar dapat dicerna tubuh
  • Aktivasi pepsin yang merupakan enzim yang diperlukan untuk pencernaan protein
  • Sebagai sinyal kimia yang menandakan bahwa makanan dapat bergerak dari perut menuju usus kecil serta memperingatkan pankreas untuk mensekresi enzim; dan
  • Menghambat pertumbuhan bakteri yang terkandung dalam makanan yang Anda konsumsi sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi.

Pada dasarnya asam lambung dapat membantu memudahkan makanan yang dikonsumsi untuk di cerna dan di lumatkan dalam lambung, selain itu asam lambung  juga akan membunuh bakteri ataupun jamur yang ada pada makanan yang Anda konsumsi. Makanan tersebut nantinya akan diubah menjadi cairan dan dialirkan ke seluruh tubuh untuk diserap. Itu mengapa sangat penting bagi Anda untuk menjaga keseimbangan asam lambung.

Lalu bagaimana cara untuk menjaga keseimbangan asam lambung, di bawah ini akan kami berikan tips untuk menjaga keseimbangan asam lambung kamu. :

1.  Perhatikan jam makan.

Salah satu penyebab asam lambung kambuh karena buruknya pola makan kita. seringkali kita meningglkan makan di saat aktifitas sedang tinggi. Penting untuk kita memperbaiki pola makan untuk menghindari asam lambung naik, ada hal yang harus kamu ingat hindar makan 2 jam sebelum kamu tidur, untuk menjaga gejala asam lambung kambuh.

2.  Hindari ngemil di anatara jam waktu makan.

Hal ini memiliki dampak baik karena dapat memberikan waktu yang cukup untuk tubuh agar mencerna makanan dengan baik.

3.  Pastikan mengunyah dengan benar.

Saat kamu mengunyah makanan dengan benar, akan membantu enzim pencernaan mengolah dan mencerna makanan dengan lenih baik dan mudah.

4.  Hindari minum terlalu banyak.

Banyak mengkonsumsi air ketika makan bisa membuat sistem pencernaan menjadi sulit mencerna makanan dengan baik.

5.  Hindari kafein.

Kandungan asam yang tinggi pada kopi daapt menyebabkan kesemapatan otot cimcin kerongkongan untuk melemas jadi berkurang yang dapat berakibat asam lambung naik ke mulut, hal ini dapat menyebabkan terjadinya refluks asam lambung, tidak hanya kopi teh juga mempunyai efek yang sama pada lambung dapat menyebabkan maag.

Buat kamu yang memiliki penyakit asam lambung, kamu bisa mencoba ke 5 tips di atas untuk mencegah asam lambung kamu naik, maka  mulai dari sekarang coba perhatikan asupan makanan yang kamu konsumsi perhatikan kandungan di dalamnya yang mempunyai efek positive atau negative untuk kesehatan.

No comments:

Post a Comment

Ini Manfaat Kesehatan Jantung Yang Di Dapat Saat Tertawa

Tertawa di percaya dapat membuat mental kamu sehat, karena dengan tertawa dapat membuat kamu kembali semangat dan ceria kem...